Penyebab Kerusakan Kapasitor Mesin Cuci Sanken dan Cara Memperbaikinya

SANKEN - Mesin cuci merek Sanken merupakan salah satu mesin cuci dengan harga yang murah dan berkualitas cukup bagus. Salah satu komponen dalam mesin cuci Sanken yang sangat penting adalah kapasitor. Kapasitor mesin cuci Sanken merupakan komponen utama dalam sistem kerja mesin cuci. Hal ini dikarenakan kapasitor merupakan komponen yang mempunyai fungsi menggerakkan mesin utama mesin cuci. Jika kapasitor dalam mesin cuci mengalami kerusakan maka mesin cuci tidak bisa digunakan. Kerusakan pada kapasitor ini sebenarnya bukan kerusakan yang sangat berbahaya dan bisa diperbaiki dengan mudah.

Kapasitor mesin cuci Sanken yang mengalami kerusakan ditandai dengan mesin yang tidak mau berputar. Tanda jika kapasitor mengalami kerusakan yang paling mudah dikenali adalah mesin cuci hanya mendengung saja setelah dinyalakan. Dengungan pada mesin cuci ini disebabkan karena kapasitor tidak berfungsi dengan baik sehingga mesin utama mesin cuci tidak bisa berputar. Biasanya kerusakan pada kapasitor ini bisa terjadi karena kumparan dalam kapasitor sudah aus atau terbakar. Jika kerusakan kapasitor karena terbakar maka akan tercium bau hangus pada mesin dan akan terdengar bunyi ledakan.
harga kapasitor mesin cuci sanken 2 tabung,kerusakan mesin cuci sanken 1 tabung,kualitas mesin cuci sanken,service mesin cuci sanken,mesin cuci sanken 150 watt 9 kg,

Baca Juga : Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Rusak

Motor mesin cuci yang tidak berputar dengan kencang dan maksimal juga bisa dijadikan sebagai salah satu indikasi bahwa kapasitor mengalami kerusakan. Kerusakan pada kapasitor mesin cuci Sanken umumnya terjadi jika mesin cuci sudah berumur lebih dari 1 tahun dan digunakan secara terus menerus. Penggunaan mesin cuci yang terlalu berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya kapasitor pada mesin cuci. Kapasitor yang rusak harus segera diganti, hal ini dikarenakan mesin cuci tidak akan berfungsi jika kapasitornya rusak atau tidak berfungsi maksimal.

Untuk memperbaiki kerusakan pada kapasitor mesin cuci Sanken Anda harus mengenali kapasitor mana yang rusak. Hal ini dikarenakan pada mesin cuci Sanken 2 tabung ataupun 1 tabung menggunakan dua jenis kapasitor yaitu untuk pencucian dan pengeringan. Dua jenis kapasitor ini mempunyai bentuk yang sama, namun kekuatan yang tertera dalam kapasitor berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Kekuatan pada kapasitor untuk mesin cuci biasanya lebih besar dibandingkan dengan kapasitor untuk mesin pengeringnya. Anda bisa mengenalinya dengan melihat label kapasitor mesin cuci Anda.

Untuk mengganti kapasitor mesin cuci Sanken Anda tidak perlu menunggu teknisi khusus mesin cuci. Hal ini dikarenakan cara pasang kapasitor mesin cuci 2 tabung ataupun 1 tabung merek Sanken bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Anda hanya tinggal menyambungkan kabel kapasitor bawaan pada mesin dengan kapasitor baru yang akan Anda ganti. Tidak perlu takut terbalik dalam pemasangan, hal ini dikarenakan kapasitor tidak mempunyai kutub yang berlawanan. Sehingga untuk pemasangannya Anda bisa langsung mengurutkan saja kabel yang benar untuk kapasitor pencuci atau pengering.