Langkah Tepat Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp

Mesin cuci Sharp adalah salah satu merek mesin cuci yang cukup banyak dibeli masyarakat Indonesia. Produsen produk elektronik ini terpercaya karena sudah berpengalaman menghasilkan alat-alat elektronik yang tahan lama. Merek asal Jepang ini juga menyediakan layanan purna jual yang dapat dihubungi oleh konsumennya jika produk Sharp yang dibeli rusak. Namun sebelum menghubungi layanan purna jual tersebut, Anda juga dapat memperbaiki mesin cuci Sharp sendiri. Bagaimana cara memperbaiki mesin cuci Sharp milik Anda? Simak langkah-langkahnya kali ini.

Mesin cuci Sharp memiliki beberapa tipe mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading satu tabung dan dua tabung atau mesin cuci front loading. Setiap tipe mesin cuci tersebut memiliki cara yang berbeda untuk perbaikannya jika rusak atau tidak berfungsi. Namun pada dasarnya mesin cuci satu tabung dan front loading hampir sama cara memperbaikinya karena keduanya tidak memiliki tabung pengering khusus. Berbeda dengan mesin cuci dua tabung yang menggunakan tabung pengering terpisah.
Berikut ini pembahasan mengenai cara memperbaiki mesin cuci Sharp secara umum, antara lain:
memperbaiki mesin cuci sharp 2 tabung,memperbaiki mesin cuci sharp bocor,memperbaiki mesin cuci sharp aquamagic,memperbaiki mesin cuci sharp digital otomatis,modul mesin cuci sharp,

Baca Juga : Ulasan Mengenai Merk Mesin Cuci 2 Tabung Yg bagus dan Awet

1. Kenali terlebih dahulu penyebab kerusakan pada mesin cuci Sharp
Sebelum mulai memperbaiki mesin cuci merek Sharp yang Anda miliki, pastikan terlebih dahulu penyebab mesin cuci itu tidak bisa dipergunakan. Ada beberapa penyebab mesin cuci tidak bisa dipakai, misalnya kapasitor mesin tidak berfungsi, tali karet atau belt tidak kencang, kabel terputus, seal atau as box pada mesin sudah berkarat dan sebagainya. Penyebab kerusakan pada mesin cuci juga dapat dikenali dari tanda-tandanya seperti mesin cuci tidak mau berputar di bagian tabung pencucian, sering terdengar suara berdengung ketika mesin bekerja dan lain sebagainya.

2. Buka bagian belakang mesin cuci untuk mengecek komponen
Anda harus memahami terlebih dahulu cara menggunakan mesin cuci Sharp yang Anda pergunakan. Bisa saja mesin cuci tampak rusak padahal Anda hanya belum paham cara menggunakannya, karena itu baca dulu buku panduan penggunaan mesin cuci Sharp sebelum mulai memakainya. Namun jika Anda sudah mengikuti semua petunjuk cara penggunaan mesin cuci Sharp tapi masih berkendala, silakan buka bagian belakang mesin cuci. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengecek beberapa komponen utama mesin cuci seperti kapasitor, as mesin cuci, kumparan motor, pulsator dan lain-lain. Langkah ini tidak disarankan apabila Anda tidak memahami komponen-komponen mesin cuci. Sebaiknya Anda meminta saran dari teknisi yang berpengalaman.

3. Hal yang harus dilakukan jika komponen-komponen ini rusak
Jika Anda cukup memahami bagian atau komponen-komponen mesin cuci, lakukan pengecekan dan tangani kendala yang terlihat. Jika kapasitor mesin cuci rusak maka Anda harus melakukan pergantian, jika kabel digigit tikus cabut dan ganti dengan kabel baru dan seterusnya. Tidak semua komponen yang berkendala harus diganti, jika memungkinkan komponen-komponen tersebut dapat diperbaiki. Jika Anda tidak ingin proses perbaikan mesin cuci Sharp memakan waktu lama, sebaiknya bawa mesin cuci ke layanan purna jual Sharp agar dapat segera diperbaiki.

Itulah langkah mudah cara memperbaiki mesin cuci Sharp secara umum untuk semua tipe mesin cuci karena pada dasarnya cara bekerja mesin cuci hampir sama. Namun jika Anda memiliki mesin cuci front loading atau top loading satu tabung otomatis, Anda dapat pula mengecek kerusakannya pada orang yang mengerti perbaikan mesin cuci tersebut.