Langkah-langkah Bila Terjadi Kerusakan Mesin Cuci Samsung

Merek Samsung adalah merek yang sudah dikenal, tidak hanya untuk gadget atau smartphone tetapi juga produk lain seperti mesin cuci. Apabila suatu ketika terjadi kerusakan mesin cuci Samsung milik Anda jangan buru-buru panik. Anda memang boleh saja memperbaiki kerusakan pada mesin cuci Samsung Anda sendiri apabila di kota Anda tidak ada servis center Samsung atau garansi produk mesin cuci Samsung Anda sudah kadaluarsa. Namun jika belum, ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi resiko kerusakan yang lebih besar.

Langkah - langkah yanag harus dilakukan jika mesin cuci samsung rusak :

1. Manfaatkan layanan purna jual
Pergunakan hak Anda sebagai konsumen Samsung dengan memanfaatkan layanan purna jual dari Samsung yang dikenal memiliki banyak service center yang tersebar di kota-kota di Indonesia. Untuk mendapatkan layanan purna jual yang optimal dan memadai, selalu simpan dan jaga kelengkapan dokumen pembelian dan garansi agar tidak tercecer saat dibutuhkan.
Anda bisa menghubungi servis center Samsung melalui banyak cara seperti no telpon, email, atau menghubunginya melalui chat room website dan laman facebook resmi Samsung. Atau datang langsung untuk menyampaikan keluhan pada mesin cuci Anda ke servis center yang ada di kota Anda. Konsultasi dan servis tidak dipungut biaya selama dalam prosedur yang benar. Dapatkan informasi sejelas-jelasnya dari petugas jika Anda masih merasa kurang jelas.

3. Perbaiki sendiri jika memungkinkan
Apabila kerusakan mesin cuci Samsung Anda ringan, Anda masih bisa memperbaikinya sendiri, Anda boleh mencoba. Namun periksa dulu syarat dan ketentuan berlaku pada garansi Samsung mengenai hal tersebut. Cek apabila ada klausul tentang gugurnya garansi jika barang telah diservis diluar servis center resmi Samsung. Jika tidak ada aturan tersebut tentu tidak masalah.

4. Kenali kode kerusakan
Sebelumnya kenali kode-kode kerusakan mesin cuci Samsung yang terdapat di manual petunjuk penggunaan Samsung yang Anda miliki. Misalnya dE=door error, 3E= motor error, 5E=drain error, UE=unbalanced error, IE=inlet error dsb. Kode 5E atau drain error akan muncul apabila terjadi penyumbatan atau masalah dalam pembuangan air yang bisa terjadi karena tersumbat kotoran, uang logam dsb.

5. Cara perbaikan kerusakan ringan
Kerusakan ringan mesin cuci Samsung yang lain misalnya muncul mode IE atau inlet error, artinya proses pengisian air terganggu. Anda bisa mengecek solenoid pada filter yang mungkin tidak bekerja karena kotor. Cek solenoid dengan melihat penampakan fisiknya, jika terbakar berarti telah terjadi korslet. Kerusakan mesin cuci Samsung yang lain misalnya kebocoran yang biasanya disebabkan selang pada bagian pengatur air lepas. Anda cukup mencari selang kecil di bagian belakang mesin yang mungkin saja terlepas dari tabung. Pasangkan kembali selang tersebut, maka masalah kebocoran dapat diatasi.

Kerusakan mesin cuci Samsung pada skala yang ringan memang bisa Anda atasi sendiri. Namun jika Anda familiar dengan kelistrikan dan elektronika, Anda bisa mencoba mengatasi kerusakan yang lebih berat. Misalnya korseleting pada system kelistrikan yang membuat beberapa sparepart bermasalah dan tombol-tombol tertentu tidak dapat digunakan. Namun, ada baiknya Anda tetap memanfaatkan layanan purna jual yang diberikan oleh Samsung dan percayakan kerusakan pada mesin cuci Samsung Anda pada ahlinya. Baca Juga : Harga Mesin Cuci Samsung 1 Tabung 9kg Terbaru. Semoga Bermanfaat.