6 Tahapan Cara Kerja Mesin Cuci Otomatis Semua Merek

Cara Kerja Mesin Cuci - Jenis mesin cuci otomatis adalah jenis mesin cuci 1 tabung, baik front loading ataupun top loading. Sedangkan mesin cuci 2 tabung termasuk jenis mesin cuci semi otomatis. Cara kerja mesin cuci otomatis tentu saja berbeda dengan cara kerja mesin cuci semi otomatis. Walaupun sama-sama bekerja dengan menggunakan mesin, tapi secara keseluruhan antara mesin cuci otomatis dan semi otomatis mempunyai perbedaan yang cukup mencolok.
Untuk memahami bagaimana prinsip kerja mesin cuci otomatis, berikut ini tahapan dari cara kerja mesin cuci otomatis:

1. Mengatur dan mengontrol
Tahapan pertama dalam cara menggunakan mesin cuci otomatis adalah pengaturan dan pengontrolan. Pada tahapan ini mesin cuci secara otomatis akan mengatur apakah jumlah pakaian yang akan dicuci melebihi kapasitas maksimum atau tidak. Jika pakaian melebihi kapasitas, maka mesin cuci secara otomatis akan memberikan tanda.
cara menggunakan mesin cuci otomatis samsung,cara kerja mesin cuci otomatis samsung dan lg,manfaat mesin cuci otomatis,cara menggunakan dan memasang mesin cuci 1 tabung,

Baca Juga : 5 Kesalahan Menggunakan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

2. Pengisian air pada tabung
Setelah dikontrol berat pakaian yang akan dicuci, maka langkah kerja yang selanjutnya yaitu pengisian air. Mesin cuci otomatis akan mengisi air secara otomatis dengan sendirinya sampai air menutupi batas katup pengisian air pada tabung. Jika air sudah terisi, maka dengan sendirinya kran air akan ditutup lalu melangkah ke proses selanjutnya.
3. Pengucekan pakaian
Cara kerja mesin cuci otomatis yang selanjutnya adalah pengucekan pakaian. Jika air sudah terisi penuh, maka mesin cuci dengan sendirinya akan berputar dan melakukan pengucekan. Pengucekan ini dilakukan dalam tabung dengan putaran sesuai dengan settingan yang sudah diatur oleh pengguna.
4. Pembilasan pakaian
Selesai proses pengucekan, mesin cuci secara otomatis akan memasuki langkah kerja pembilasan pakaian. Pada saat pembilasan ini air pada mesin cuci secara otomatis akan keluar dan diganti dengan ari yang baru. Proses penggantian air ini terjadi secara otomatis dan akan mati dengan sendirinya.
5. Pemerasan pakaian
Setelah proses pembilasan, maka mesin cuci akan mengeluarkan air dari proses pembilasan tadi. Selanjutnya mesin akan berputar untuk memeras pakaian yang sudah dibilas tadi. Proses ini dilakukan untuk mengurangi kadar air dalam pakaian.
6. Pengeringan pakaian
Tahapan yang terakhir dalam mesin cuci otomatis adalah pengeringan. Namun sayangnya, tidak semua mesin cuci otomatis sudah dilengkapi dengan pengering. Proses pengeringan ini dilakukan dengan cara memanaskan pakaian dengan suhu tertentu didalam mesin. Jika semua proses sudah selesai, maka dengan sendirinya mesin cuci akan mati dan Anda bisa menjemur pakaian Anda.

Walaupun manfaat mesin cuci otomatis dan semi otomatis sama yaitu dapat membantu mencuci pakaian, namun secara prinsip kerja lebih praktis prinsip kerja dari mesin cuci otomatis. Hal ini dikarenakan mesin cuci otomatis tidak perlu pemindahan pakaian dari tabung pencucian ke tabung pemerasan pakaian. Cara kerja mesin cuci otomatis dilakukan otomatis dan akan berhenti dengan sendirinya jika proses sudah selesai. Jadi, Anda tinggal ambil pakaian dari mesin cuci dan menjemurnya. Berbeda dengan mesin cuci semi otomatis yang harus memindahkan pakaian dari tabung pembilasan ke pemerasan.